PREDIKSI DAN ANALISIS CAPRES DAN WAPRES UNTUK PERIODE TH 2009-2014, adalah sebagai berikut:

1. Sri Sultan HB X sebagai capres, Wiranto sebagai Wapres,
2. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai capres dan Sri Mulyani sebagai Wapres.
3. Megawati sebagai capres dan Prabowo sebagai wapres.

Tiga pasang calon capres dan wapres tersebut, akan menjadi calon yang berkualitas dan competitive karena ketiga pasang kandidat tersebut memiliki kompetensi, potensi dan kualitas kepemimpinan yang sama kuat, sehingga kekuatannya seimbang. Sedangkan tentang profil masing-masing sang candidat dapat di-analisis sebagai berikut:

Sri Sultan HB X, memiliki background seorang negarawan yg cukup unik kombinasi antara pewaris tahta kesultanan kerajaan dan sekaligus sebagai pemimpin pemerintah daerah ibukota provinsi (Gubernur) yang demokratis. Sedangkan Wiranto, memiliki penampilan tubuh yang tegap dan enerjik, dengan postur tubuh yg proporsional, tinggi, atletis dan enerjik, dengan begitu penampilannya enak dilihat (eye catching). Lihat saja contohnya; presiden AS, Barack Obama, dan presiden Iran, Ahmadinedjad yang juga memiliki postur tubuh proporsional ditambah dengan ekspresi wajah yang kharismatik sehingga membuat mereka menjadi idola bagi banyak orang.

Mengapa penampilan postur tubuh penting? hal ini berkaitan dengan performance secara keseluruhan, selain harus memiliki kompetensi dan potensi, penampilan yang good looking juga penting lho. Ingat hukum tingkat keterpilihan: penampilan yang eye catching + Kualitas + Kompetensi + Skills + tipe kepribadian berbanding lurus dengan tingkat keterpilihan. Sedangkan Sukses = kombinasi antara effort, luck dan chance.

Serorang Wiranto, yang memiliki postur tubuh proporsional sangat beruntung, karena dengan demikian beliau akan mendapatkan credit point antara lain sebagai berikut; tingkat keterpilihannya diperhitungkan untuk itu, dan apabila terpilih jadi wapres, maka rakyat Indonesia akan bangga padanya sebagai wakil untuk hubungan internasional dengan bangsa-bangsa lain didunia. Bayangkan bila pemimpinnya berpenampilan loyo, kegendutan, bukan saja tidak membanggakan namun juga bisa malu-maluin lho. Dengan memiliki tubuh yang atletis dan enerjik maka akan dinilai positif karena diyakini memiliki kondisi kesehatan yang juga prima, sehingga akan meningkatan kinerja dan produktivitas kerjanya. Kemudian backgroundnya, karir dibidang militer sebagai mantan panglima jendral TNI AD akan disegani oleh masyarakat baik dalam negeri maupun pihak asing, juga dapat men-support visi dan misi Sultan untuk bidang HANKAM, dan mengkoordinir militer Indonesia agar menjadi kuat di Asia Tenggara, memperhatikan wawasan nusantara utamanya; bidang militer kelautan/maritim. Sehingga Indonesia menjadi negara yang meliternya kuat dan akan disegani oleh negara lain, khususnya negara-negara di kawasan asia tenggara, misalnya Malaysia dan Singapore yang suka meremehkan dan nakal terhadap Indonesia.

Namun demikian setiap orang pasti punya strengthness dan weakness, maka untuk Wiranto sebaiknya harus membuat klarifikasi tentang peristiwa berbagai kerusuhan yang kontroversial pada masa sebelum dan sesudah masa reformasi, khususnya pada bulan mei 1998, agar semuanya menjadi clear dan rakyat tidak berprasangka dan menduga-duga, hal ini penting agar tidak menjadi batu sandungan baginya untuk melesat ke posisi puncak sebagai Wapres untuk tahun 2009-2014.

SBY, sudah kelihatan selama 5 tahun berkuasa cukup banyak menebar pesona bagi orang yg merasa terpesona sekaligus menuai banyak protes dan kekecewaan bagi rakyat yang kritis dan cerdas. Meskipun postur tubuhnya besar tinggi namun sepertinya kurang proporsional, mungkin berat badannya harus dikurangi lagi agar terkesan lebih lincah dan enerjik, potensi pemilihnya cukup banyak. Sedangkan Sri Mulyani adalah seorang menteri yang punya kredibilitas, kapabilitas dan integritas pada karir-nya dibidang ekonomi yang cukup teruji selama kurun waktu lima tahun ini. Meskipun visi dan misi nasionalisme-nya belum diketahui; belum jelas apakah beliau mudah di setir oleh pihak asing atau tidak dan apakah beliau memiliki keberpihakan pada asing. Meskipun dia mendapatkan penilaian yang baik untuk kinerja dan integritas namun bila mudah disetir oleh pihak asing, tentunya ini akan membuat nilai popularitas-nya yang sudah bagus akan turun merosot tajam. Oleh karena itu sebaiknya Sri Mulyani membuka tentang profil dirinya kepada publik, mungkin dengan cara mengikuti berbagai interview di TV yang bonafid, misalnya CNN, BBC, dan yang lokal MetroTV dan yang baru TV one.

Megawati dan Prabowo merupakan kombinasi yang cukup menarik, karena keduanya memiliki “jualan politik” memperhatikan rakyat kecil yang cukup menyentuh buat rakyat. Megawati katanya partai wong cilik, tapi apakah pada saat berkuasa mampu memberantas korupsi atau justru sebaliknya kroni-kroni atau orang disekelilingnya yg justru melakukan korupsi jor-joran? Hal ini tentunya masih tanda tanya?? Sedangkan Prabowo dalam iklan politiknya concern pada petani dan nelayan, meskipun ada yang mengkritik bahwa rakyat Indonesia bukan hanya kalangan petani dan nelayan saja. Mampukah Prabowo bila terpilih mengayomi seluruh rakyat dari berbagai kalangan? Ini juga masih tanda ??? (question mark) tentunya, ditambah sorotan tajam terhadap pertanyaan tentang tipe kepribadiannya yang dikaitkan pada peristiwa jatuhnya Soeharto yang kontroversial saat itu. Sebaiknya perlu dilacak lagi track record-nya pada saat menjabat menjadi Jenderal pada masa Soeharto dan pasca jatuhnya Soeharto.

Megawati punya pendukung yang lumayan besar sedangkan Prabowo mulai membangun pendukung dan cukup banyak perolehan pemilihnya, dan namanya saat ini cukup sering disebut, sehingga popularitasnya cukup naik, namun begitu track record kepemimpinannya untuk menjadi wapres belum teruji.

Author : Irma
URL
Blog : https://iierma.wordpress.com
facebook: http://www.facebook.com/profile.php?id=1579044105&ref=profile
Twitter : http://www.twitter/iirma